Kamis, April 14, 2011

Cek Iuran, Jamsostek Perkenalkan Sistem SMS

MANADO BISNIS -  Jamsostek Sulut memperkenalkan sistem pesan singkat atau short message service (SMS) untuk pengecekan iuran kepesertaan yang telah dibayarkan oleh perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja.
Jamsostek (foto : ist)

 “Sistem layanan pesan singkat ini guna meningkatkan pelayanan kepada peserta Jamsostek, sehingga mereka dengan mudah dapat mengetahui berapa saldo iuran yang telah dibayarkan hingga kini," kata Kepala Jamsostek Sulut, Arief Budiarto.

Dikatakannya,  layanan pesan singkat ini sekaligus diharapkan agar masyarakat pekerja lebih tertarik menjadi peserta Jamsostek sebab data disajikan secara transparan. "Pekerja dapat mengetahui secara persis besarnya iuran yang telah dibayarkan. Dengan demikian, mereka dapat menghitung sendiri jumlah santunan bakal diterima, termasuk tunjangan hari tua dan lainnya,” tandasnya.

Layanan SMS Jamsostek, lanjut Budiarto,  dapat dilakukan dengan mengetik Reg#nomor KPJ#tanggal lahir#nama ibu kandung dan mengirimkan ke nomor telepon 08111009696.

Kepala Bidang Pelayanan Jamsostek Sulut, Faldhie Hoesalim, menjelaskan cara menulis untuk dikirim ke pesan singkat yakni nomor KPJ sesuai nomor kepesertaan yang tertera pada kartu Jamsostek, tanggal lahir ditulis dengan format tanggal lahir lebih dulu diikuti bulan dan tahun. "Misalnya tanggal 3 Juli 1982 ditulis 030782, sedangkan nama ibu kandung diketik tanpa gelar dan status, contoh Ny Dra.Santika SH ditulis Santika saja, dengan demikian format dikirimkan menjadi REG#nomor KPJ#030782#SANTIKA kirim ke 08111009696," kata Faldhie. (bd/mtr/yg)