Selasa, April 12, 2011

Perda Pajak dan Retribusi Kota Manado Disahkan


By on 4/12/2011 06:40:00 PM

MANADO BISNIS  - Peraturan daerah (Perda) tentang Pajak dan retribusi disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, Senin (12/04)

"Sebelum mulai diberlakukan, kami minta supaya Pemerintah Kota Manado melakukan sosialisasi Peraturan daerah ini, agar benar-benar dipahami oleh seluruh penduduk kota dan bisa dilakukan," kata Ketua DPRD Manado, Denny Sondakh, di Manado.

Sosialisasi tersebut haruslah dilakukan dengan baik, agar tak memberatkan masyarakat dan akan mendapatkan dukungan dari semua elemen masyarakat, yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan bagi pemerintah terutama dalam upaya pengumpulan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, Wali Kota Manado Vicky Lumentut dalam sambutannya pada rapat paripurna tersebut mengatakan sebelum diberlakukan, pemerintah akan melakukan sosialisasi lebih dahulu pada masyarakat supaya bisa menerimanya.

"Kami mau menegaskan, bahwa Ranperda yang baru ini bukan dimaksudkan untuk membebani atau memberatkan perekonomian masyarakat Manado, namun semata-mata untuk memberikan kesejahteraan lebih kepada warga kota," kata Lumentut.

Dengan adanya Perda ini nantinya akan menaikkan PAD Manado, sehingga bisa meningkatkan sarana dan prasarana masyarakat kota ini, yang nantinya akan berujung pada kesejahteraan warga kota, kata Lumentut.

Wali Kota Lumentut juga minta dukungan DPRD Manado supaya bisa melaksanakan dengan baik seluruh Perda yang sudah ditetapkan tersebut sehingga nantinya tidak akan menimbulkan penolakan ataupun protes dari masyarakat, sebab DPRD adalah representasi dari masyarakat kota ini.

Sementara anggota DPRD Manado dari PKS Amir Liputo mengingatkan sosialisasi pemerintah jangan hanya setengah-setengah, mengingat kondisi masyarakat kota berasal dari berbagai latarbelakang etnis dan budaya, sehingga harus diberikan pemahaman yang benar.

"Saya juga mengingatkan pemerintah untuk menegakkan aturan dengan benar, seperti terkait minuman keras yang masuk dalam Perda retribusi perizinan tertentu, pabriknya haruslah dibangun di tempat yang seharusnya jauh dari rumah ibadah dan sekolah, supaya tidak menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat," kata Liputo.

Keempat Ranperda yang disahkan DPRD dalam rapat paripurna tersebut adalah retribusi jasa umum, retribusi pajak daerah, retribusi jasa tertentu, dan retribusi jasa usaha.(yg/ant)

Tentang Manado Bisnis

Manado Bisnis adalah blog yang mengulas perkembangan bisnis terbaru yang terjadi di Kota Manado pada khususnya, dan Sulawesi Utara pada umumnya. .