Jumat, Agustus 19, 2011

Pemprop Mulai Bahas UMP 2012


By on 8/19/2011 06:55:00 PM

MANADO BISNIS  – Upah Minimum Propinsi (UMP) Sulut untuk tahun 2012 mendatang, mulai dibahas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat, bersama  Dewan Pengupahan Daerah.
Hal ini diakui Kepala Disnakertrans Sulut Boyke Rompas.  “Pembahasan ini dilakukan secara penuh kajian, agar tak ada yang dirugikan, baik itu buruh maupun pengusaha,” tandasnya.

Buruh seperti ini harus memiliki UMP (foto : ist)
                                            
Dikatakan Rompas,  memang saat ini UMP Sulut sekitar Rp. 1,050 juta. Itu sudah cukup layak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang tidak pernah menyentuh Rp. 1 juta. “Nantinya, hasil pembahasan UMP ini, akan diketahui akhir tahun 2011, setelah ada persetujuan dari Gubernur Sulut,” ungkap Rompas.

Faktor-faktor yang menjadi kajian pembahasan UMP, lanjut dia,  diantaranya Kebutuhan Hidup Layak (KHL), laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, UMP Sulut tahun 2011 dan UMP propinsi tetangga. “Lima faktor itu yang akan direkomendasikan untuk UMP tahun 2012 kepada Gubernur Sulut,” papar Rompas.

Sebagaimana diketahui, UMP Sulut saat ini Rp 1,050 juta merupakan UMP yang melebihi Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Hal ini pun pernah diakui  Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar. Diutarakannya,  ada delapan  propinsi, antara lain  Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah,  Sulawesi Selatan,  Bengkulu,  DI Yogyakarta dan Jambi.

Muhaimin menjelaskan, penetapan upah layak yang diatas upah minimum dapat disepakati dalam perundingan bipartit antara pengusaha atau manajemen perusahaan dengan serikat pekerja atau buruh yang mewakili para pekerja atau buruh di perusahaan.  “Bagi perusahaan-perusahaan besar  yang mampu secara finansial dapat memberikan upah diatas UMP yang telah ditetapkan. Dengan upah yang layak,  ketenangan bekerja dan kesejahteraan para pekerja atau buruh dapat ditingkatkan," ujarnya. (yg/mtr)

Tentang Manado Bisnis

Manado Bisnis adalah blog yang mengulas perkembangan bisnis terbaru yang terjadi di Kota Manado pada khususnya, dan Sulawesi Utara pada umumnya. .