Selasa, November 22, 2011

Sulut Masih Simpan Kekayaan Alam Emas, Puluhan Juta Ton

MANADO BISNIS  -  Potensi emas di beberapa kabupaten dan kota  di Sulut,  ternyata belum disentuh investor untuk   dieksplorasi dan eksploitasi. Diperkirakan kandungan emasnya mencapai  puluhan juta ton.

 “Memang kalau mau dilihat baru beberapa yang dikelola perusahan seperti PT Newmont Minahasa Raya, PT Meares Soputan Mining, atau perusahan lainnya,” kata Kepala Bidang Geologi, Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Propinsi Sulut, Kathreen Walukow.

Dia menjelaskan beberapa kabupaten yang memiliki potensi emas yaitu Bolaang Mongondouw Selatan, Minahasa Utara, Minahasa, Minahasa Tenggara, Sangihe, dan Minahasa Selatan. Kabupaten lainnya adalah Bolaang Mongondouw Timur, Bolaang Mongondouw Selatan dan Bolaang Mongondouw.“Belum semua potensi ini dikelola, karena masih ada yang terindikasi atau tereka memiliki kandungan emas. Untuk memastikannya harus ada yang melakukan eksplorasi,” katanya.

Di Desa Tokatindung dan Winuri, Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, lanjut dia,  diperkirakan memiliki potensi emas masing-masing,  14,094 juta ton dan 5 juta ton. Di Ratatotok dan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara diperkirakan memiliki potensi sekitar 12,5 juta ton dan 12 juta ton. Begitu pun di Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur, masing-masing di Efendi, Talugon dan Riska yang memasuki tahapan eksplorasi dan ekspolitasi. Di tiga daerah ini diperkirakan memiliki deposit emas masing-masing 575.000 ton, 480.000 ton, dan 454 ton. “Sekali lagi belum semua dieksploitasi. Masih banyak tempat yang butuh penyelidikan lebih lanjut,” papar Walukow.

Kathreen berharap, bila sebuah lokasi pertambangan sudah mulai dieksploitasi, perusahan harus memerhatikan kehidupan dan kesejahteraan warga lingkar tambang. Dengan dana komdev yang tersedia harus dinikmati masyarakat.

“Dana komdev tersebut  harus dimaksimalkan untuk membangun rumah sakit, sekolah, sarana kesehatan, air bersih atau fasilitas lainnya yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. (yg/mtr)