Minggu, Desember 18, 2011

BBPOM Manado Ingatkan, Waspada Makanan Kadaluarsa


By on 12/18/2011 06:56:00 PM

MANADO BISNIS – Menjelang perayaan natal dan tahun baru, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, Indriany Tubagus, mengingatkan masyarakat Sulut agar  waspada,  jangan sampai mengkonsumsi makanan kadaluwarsa.

“Sekarang ini, apalagi menjelang Natal dan tahun baru seperti ini, biasanya banyak minuman dan makanan yang masa kedaluwarsanya tinggal seminggu diobral. Ini memang tidak berbahaya namun justru dari sinilah masalahnya berawal sebab diborong oleh pengusaha makanan dan minuman, untuk dijual di tempat lain dan jauh dari jangkauan kami,” kata Indriany.

Dijelaskannya,  saat  membeli  minuman maupun makanan ringan tersebut memang masih dalam masa waktu yang ditetapkan pabrikan dan terjamin kualitas maupun keamanannya, tetapi saat sampai di tangan pengusaha belum tentu habis terjual, sehingga lewat masa berlakunya. Inilah yang menjadi masalahnya, karena kemudian minuman maupun makanan kedaluwarsa tersebut tetap dijual di pedalaman dan masyarakat sekitar tidak tahu, sehingga mereka harus mengkonsumsi dan inilah yang bisa menyebabkan keracunan.

“Untuk ini, kami mengingatkan masyarakat untuk waspada, jangan sampai makanan yang kedaluwarsa itu dikonsumsi tanpa memperhatikan waktunya, jika memang sudah melewati batas pakai jangan digunakan, supaya tidak bermasalah, dan kami berharap hal ini benar-benar dipahami masyarakat,” umgpak Indriany.

Dimintakannya,  supaya pengusaha menyadari pentingnya menyajikan makanan yang kualitasnya masih baik, jangan karena mau untung, meskipun tidak layak konsumsi tetap dibeli dan dijual kembali, dengan harga yang tinggi.(yg/mtr)

Tentang Manado Bisnis

Manado Bisnis adalah blog yang mengulas perkembangan bisnis terbaru yang terjadi di Kota Manado pada khususnya, dan Sulawesi Utara pada umumnya. .