Jumat, September 21, 2012

Rumah Mini Sulut Diminati Belanda


By on 9/21/2012 06:42:00 PM


MANADO BISNIS  – Produk rumah kayu Sulut pasarannya mulai merambah ke mancanegara. Kali ini jenis gazebo atau rumah mini diekspor  ke Belanda pada pertengahan September 2012.


"Memang hanya satu unit gazebo yang diekspor ke negara tersebut, tetapi ini merupakan hal yang baik, karena gazebo banyak diproduksi pengrajin rumah panggung di Sulut," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri  Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) Sulut, Hanny Wajong.

Dikatakannya, gazebo di Belanda 8.500 dolar AS atau seharga Rp81 juta, dua hingga tiga kali lebih tinggi ketimbang harga yang berlaku untuk jenis rumah tersebut di pasaran Manado dan sekitarnya. Gazebo itu sendiri merupakan produk rumah yang lebih cocok sebagai tempat santai dan rekreasi bagi keluarga, karena banyak dipesan menjadi salah satu infrastruktur di tempat wisata."Pemerintah daerah berharap terbukanya pasar Gazebo di Belanda tersebut akan merambah ke negara lainnya, dengan demikian produk ini dapat menjadi salah satu andalan Sulut ke depan,"  ungkapnua.

Gazebo tersebut, menurut Wajong,  diproduksi oleh pengrajin di Woloan Kota Tomohon, salah satu daerah yang menjadi sentra industri rumah kayu dan rumah panggung di Propinsi Sulut. Selain gazebo, rumah panggung juga kembali bangkit menjadi komoditas ekspor unggulan daerah ini, menyusul permintaan tinggi dari beberapa negara di Afrika. "Terakhir pengiriman ke Dubai, Uni Emirat Arab, sebanyak tiga unit wooden house atau rumah panggung, sebelumnya ada permintaan dari Zambia dan negara lainnya,"  pungkas Wajong. [yg/mtr]

Tentang Manado Bisnis

Manado Bisnis adalah blog yang mengulas perkembangan bisnis terbaru yang terjadi di Kota Manado pada khususnya, dan Sulawesi Utara pada umumnya. .